Track Review : Daniel Merriweather Feat Adele - Water And Flame

Artist : Daniel Merriweather Feat. Adele
Title : Water and Flame

Album : Love and War


Oke silahkan angkat kaki kalau ada yang tidak mengetahui seberapa bagus vocal Daniel Merriweather ketika bekerja sama pada tahun 2007 dengan Mark Ronson lewat track “Stop Me” untuk album “Version” miliknya. Tahu Mark Ronson kan? Orang yang sering membuat dan memproduseri track-track keren dari tangan dinginnya. Kerja sama mereka dimulai sejak tahun 2003 lewat kompilasi Here Comes The Fuzz dimana Daniel menyumbangkan satu lagu yang berjudul She’s Got Me. Penghargaan ARIA Award (nih setara Grammy di Australia sana) berhasil diembatnya. Tahun 2004 ada lagi track City Rules yang menjadi airplay juga dimana-mana.

Love and War merupakan debut album dari Daniel Merriweather yang akan dirilis oleh Marlin Records di Australia. Di Amerika hak edarnya diberikan kepada J Records pada bulan April 2009. Announcement mengenai album ini sudah diekspos besar-besaran dari tahun lalu. Tepatnya pada tanggal 31 Oktober 2008 melalui East Village Radio Show milik Mark Ronson. Dampaknya? Ketika track ”Change” dirilis sebagai track andalan, langsung menduduki posisi 8 di chart musik Inggris.

Kita tidak akan membahas track ”Change”, tetapi ini adalah single lain dari album Love and War. Mungkin ada yang ketawa pas melihat judul track ini. Kok mirip lagunya Naif yah? Air dan Api. Tapi track ini tidak menawarkan suasana ceria seperti yang digambarkan oleh kelompok Naif tetapi track kelam gabungan vocal Daniel dan Adele.


Saya sendiri bisa mengklaim track ini bisa menang ketika dibandingkan dengan No Air milik Jordin Sparks dan Chris Brown. Perpaduan vocal Adele dan Daniel begitu sempurna! Track ini dengan begitu indahnya menceritakan tentang sebuah hubungan yang telah hancur. Salah satu kekuatan sebuah lagu adalah apabila dia bisa bercerita. Yang mendengarkan bisa mendapatkan makna dari lagu tersebut. Track ini salah satunya yang mempunyai kemampuan storytelling yang besar.

Sang cowok yang diperankan oleh Daniel tidak bisa melepaskan bayangan sang cewek. Walaupun telah seminggu berlalu tetapi yang ada dipikirannya adalah bagaimana keadaan sang cewek. Dia berusaha dan berusaha terus menelponnya,

I'd settle for a busy tone,
At least that I'd know that you're okay.


Di bagian kota yang lain, sang cewek diperankan oleh Adele merasa terjebak dengan kehampaan di rumahnya sendiri. Salah satu cara untuk melupakan sang cowok adalah dengan minum dan mencoba mabuk. Berharap dengan cara itu bisa menghilangkan bayangan nama sang cowok.

I need a drink to get me out.
A couple more til I forget your name.


Klimaks dari kisah ini ketika mereka bertemu di pertengahan track dan mencurahkan apa yang mereka rasakan. Apakah memang mereka seperti Air dan Api? Tidak bisa bersatu? Sepertinya iya. Karena penghayatan yang dibawakan oleh keduanya membuat saya merinding. Siapa yang tidak mengetahui Adele? Satunya pemenang Grammy plus satunya lagi pemenang ARIA award. Track ini menjadi semakin indah ketika mereka bertemu di refrain bagian kedua. Keduanya saling bersahutan menjawab pertanyaan satu sama lain. Vokal mereka begitu kuat tetapi mereka bernyanyi tanpa ada kesan ”bertanding” siapa yang paling bagus. Chemistry yang dibangun mengenai karakter ”Water” dan ”Flame” menjadi tuntas lewat bagian ini. Ini adalah kolaborasi terhebat menurut saya.

Official website : http://danielmerriweather.com
Myspace : http://myspace.com/danielmerriweather

Ps : tolong jangan ingat video klip dari Glen Fredly Feat. Dewi Persik yang Hikayat Cinta pas denger track ini yah. Takutnya jadi ilfil...

0 Comments to Track Review : Daniel Merriweather Feat Adele - Water And Flame