Trip to Bira #3 : Biaya Akomodasi dan Transportasi

Rasanya sungguh tidak fair tanpa memberi tahu berapa estimasi biaya yang harus dikeluarkan ketika ingin kesana. Karena percayalah pantai Bira masih bisa menjadi andalan tujuan wisata domestik. Dengan keindahan alam yang masih alami, ada banyak petualangan yang dijanjikan disana.

Untuk sampai ke Pantai Bira yang terletak di Kabupaten Bulukumba, tentu saja bisa ditempuh dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakan motor ataupun mobil. Untuk anda yang senang dengan touring mungkin jarak 250 km tidak akan menjadi masalah. Tapi yang ingin liburan dengan aman damai sentosa, saya menyarankan anda menggunakan mobil saja untuk kesana.

Tidak mempunyai mobil pribadi? Anda bisa menggunakan mobil angkutan antar kabupaten. Biasanya mobil-mobil ini anda bisa temukan di Terminal Malengkeri. Karena disinilah semua pusat kegiatan berkendaraan ketika anda inginke arah Sungguminasa ke atas. Biaya yang harus anda persiapkan adalah 100 ribu untuk transportasi pergi-pulang. Kalau sampai di Bulukumba kota, biayanya hanya 40 ribu saja sekali jalan, tetapi ini anda harus minta diantar ke kawasan Pantai Bira sekitar 40 kilometer lagi dari Kota Bulukumba.

Pun ketika anda menggunakan jasa mobil rental harganya tidak akan jauh beda. Belum lagi ketika menggunakan mobil sewa anda harus memastikan semakin banyak orang yang harus turut serta urunan, supaya faktor pembagi menjadi semakin besar. Perbedaannya hanyalah ketika anda menggunakan mobil rental, anda bebas menentukan mau pergi kapan saja, mau singgah dimana saja, serta ada beberapa lokasi yang ingin didatangi selain di Bira.

Setelah sampai di Bira, dimana kita harus menginap? Tenang saja. Di sekitar pantai Bira ada berbagai penginapan yang bisa disewa. Tentu saja semuanya dengan kehandalan dan fasilitas masing-masing. Anda ingin ketika membuka jendela langsung bisa melihat laut dan debur ombak, ataukah ingin jalan sedikit untuk mencapai pantai. Anda bisa memilih untuk memakai sebuah kamar saja di penginapan, ataukan sekalian menyewa sebuah rumah. Tentu saja dilihat dari berapa orang yang anda ajak.

Kisaran harga yang standar adalah 150 ribu permalam. Biasanya untuk kamar dibatasi isinya adalah maksimal 4-5 orang. Jadi anda bisa mengestimasi sendiri berapa biaya per orang per malamnya. Ini tidak termasuk biaya makan. Hanya tempat saja.

Sekedar saran untuk memilih tempat, anda bisa mengambil penginapan yang lumayan jauh dari pantai. Yah sekitar 200 – 300 meter lah. Kenapa? Karena suasana sekitar pantai, di jalanan akan sangat ramai. Entah pagi, siang, ataupun malam. Untuk anda yang ingin bersantai atau istirahat sejenak, pasti akan merasa terganggu dengan suara orang berbicara, kendaraan yang lalu lalang, serta suara berisik lainnya. Jadi tidak apa-apa jalan sedikit tapi kenyamanannya terasa total.



Penginapan yang sarankan adalah Sunshine Guest House yang terletak sedikit di atas bukit. Tidak terlalu jauh dari pantai, tetapi jauh dari keriuhan. Sehingga ketika lelah sehabis bermain di pantai, kita bisa beristirahat dengan tenang di malam hari. Akses air bersihnya pun lumayan lancar. Ketika berbicara dengan beberapa tamu (yang semuanya bule) salah satu alasan mengapa mereka menyenangi tempat itu karena suasana teduh dan sepi itu tadi. Pantai masih terlihat dari balkon, dan kita bisa membaca sambil ditemani sepoi-sepoi angin gunung. Mantab!

Terakhir adalah biaya konsumsi. Apakah mahal? Untuk sedikit berhemat anda bisa saja membawa makanan dari Makassar atau daerah lain. Tapi tahan untuk berapa lama? Tidak perlu khawatir dengan masalah makanan. Banyak kios-kios sepanjang jalan menuju pantai yang bisa dinikmati. Tapi itu dia, menu andalan yang bisa dimakan apalagi kalau bukan mie instan + telur.

Ada beberapa bungalow atau penginapan besar yang menyediakan semacam kafe atau restoran didalamnya. Tapi saran saya kalau tidak mau langsung jatuh miskin, jangan coba-coba makan disana. Standar harganya adalah 30 – 35 ribu satu kali makan. Itupun biasanya hanya berupa satu menu saja.



Saran saya, cobalah cari kios Rahman atau kios H&R. Kalau anda ingin menikmati hidangan ikan atau cumi segar beserta sayuran, anda bisa mencoba makanan disini. Harganya juga sedikit mahal, tapi ada beberapa pilihan menu yang masih terjangkau. Kuncinya itu tadi, kalau anda berlibur bersama beberapa orang maka faktor pembaginya akan semakin besar. Anda bisa makan enak (dan banyak) hanya dengan 25 ribu rupiah per orang!

Jadi berapa total estimasi biaya yang harus dikeluarkan?

Kalau sendirian berarti 100 ribu (transportasi) + 150 ribu (penginapan) + 150 ribu (untuk 6 kali makan) dengan total 400 ribu.

Kalau dengan rombongan (misal 4 orang) berarti 100 ribu (transportasi) + 35 ribu (pernginapan) + 75 ribu (untuk 6 kali makan) dengan total 210 ribu.

Jadi silahkan rencanakan dengan matang rencana perjalanan anda, karena Pantai Bira layak untuk dikunjungi. Selamat berlibur!

3 Comments to Trip to Bira #3 : Biaya Akomodasi dan Transportasi

penginepan ini deket dermaga penyeberangan ke Selayar ya?

oke Iqko..thanks untuk infonya..
saya sudah beberapa kali ke Bira tapi semuanya gratis, alias ditanggung kantor..

rencananya mungkin suatu saat nanti mau ke sana lagi sama keluarga,jadi informasi dari Iqko pasti sangat berharga..

thank you again..

Anonymous
11:08 AM

Mas, ada referensi tempat nginep yang ratenya 200rb..?? tlng info nama dan contact person nya ya.. ty b4:)
-Evi-