Nurani 2006 : part 1-the beginning

Nuansa unik dan radikal. Itulah singkatan dari nurani. Tidak nyambung? Itulah salah satu keunikan dari singkatan itu. Aneh buat orang awam, tapi nurani merupakan salah satu kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh para warga korps mahasiswa ilmu komunikasi unhas. Nurani ini merupakan salah satu dari 3 prosesi pengkaderan yang ada di kosmik selain ospek (yang biasanya tiap tahun berganti tema), figur (Fase Inisiasi Gerakan Unik dan Radikal), dan yang terakhir ini yaitu Nurani itu sendiri. Ketiga proses pengkaderan ini tak lebih sebagai ucapan selamat datang sekaligus merupakan tata cara tersendiri untuk teman-teman mahasiswa baru untuk memasuki rumah kecil kami. KOSMIK. Sebenarnya nurani merupakan prosesi paling terakhir akhir, karena alasan (dari beberapa senior) yang mengatakan bahwa bina akrab ini lebih pada ajang pembelajaran kepada maba-maba terhadap prilaku mereka selama di kampus mulai dari pertama berkuliah sampai sebelum nurani ini dilaksanakan. Otoriter? Bisa jadi, karena itulah sistem dan tradisi yang berjalan dari tahun ke tahun yang ada di Kosmik. Dan kami sebagai pengurus hanya berfungsi sebagai pembimbing kepada panitia yang akan melaksanakan acara ini.
Untuk tahun 2006 ini, bina akrab sendiri dilakukan sebelum figur. Sama seperti tahun lalu. Karena memang waktu yang tidak memungkinkan. Sebaiknya bina akrab dilakukan sebelum semester pertama berakhir. Agar suasana keakraban dapat terjalin secepat mungkin. Dan salah satu keunikan dari nurani yaitu panitianya adalah dari teman-teman dari 2006 sendiri. Jadi, meraka bertugas untuk mencari tempat, dana, transportasi, konsumsi, pokoknya melayani keperluan senior, dan mereka pula yang akan di jurit.
Jurit? Iya, ini merupakan salah satu menu dalam nurani yaitu, malam pertama jurit malam (yang biasanya dimulai jam 12 malam sampai pagi), wisata biro, malam persembahan, dan outbond. Jurit malam biasanya merupakan aksi puncak senior untuk mengucapkan selamat datang, dengan cara mereka sendiri. Dan disinilah biasanya merupakan tempat dimana senior yang mempunyai dendam tersendiri kepada maba, untuk membalas dendam. Jurit malam ini sendiri mempunyai kelebihan, yaitu memberi saling percaya kepada teman sekelompok (entah ini benar atau tidak, tapi yang jelas kita akan saling menjaga teman sekelompok kita), dan lebih kepada pengakraban kepada senior. Yah, walaupun mungkin akan dikerjai sedemikian rupa, terima saja lah! Dan di jurit malam ini pula kemudian ada proses penerimaan dari ketua korps dengan memberikan jas almamater kepada sang mahasiswa baru, sebagai tanda bahwa welcome to the club! Selamat datang ke keluarga besar kami. Wisata biro lebih kepada pengenalan terhadap biro-biro yang ada di kosmik. Mulai dari biro periklanan, public relations, communication study club sampai penyiaran unjuk gigi disini. Karena biro-biro inilah yang nantinya akan menjadi wadah bagi mahasiswa baru untuk menyalurkan bakatnya. Beginilah sistem kepengurusan yang ada di kosmik, tidak ada lagi divisi dana, dan bla, bla, bla, tetapi langsung kepada penguasaan minat dan bakat. Karena kuliahnya kan gak jauh-jauh juga dari sana. Dari tahun ke tahun tugas seorang kepala biro untuk mempresentasikan semua keahlian yang akan berkaitan dengan biro dan program kerja yang akan dilaksanakan. Minat untuk menulis? Silahkan gabung ke Baruga, dimana di akhir kepengurusan akan terbit majalah baruga, minat untuk menjadi fotografer, silahkan bergabung di KIFO (klub kine dan fotografi), dan kalau memang sadar mempunyai suara yang bagus kenapa tidak bergabung ke biro penyiaran saja. Di malam kedua, ada persembahan dari mahasiswa baru. Dan disini lah kemudian biasanya merupakan acara puncak, selepas makan malam, acara sepenuhnya dihandle oleh maba untuk acara. Entah mereka akan bernyanyi, berpuisi, dance, dan berparodi. Kemudian di hari terakhir barulah ada outbond, permainan yang akan dilakukan oleh semua angkatan. Lebih kepada have fun nya saja.
Nurani 2006 kali ini diadakan hari jumat sampai minggu, 8 sampai 10 desember 2006. bertempat di wisata alam Malino. Dan tampaknya persiapan dari teman-teman maba patut diacungi jempol. Karena mereka sudah melaksanakan tugas mereka dengan sangat baik. Hari jumat, kami berangkat pukul 4 sore dengan dilepas oleh ketua jurusan. Suasana mendung dan gerimis mengantarkan kami ke malino. Ada 4 truk yang digunakan. 2 truk untuk maba, dan 2 truk untuk senior. Dan memang, rasanya acara seperti inilah yang bisa kembali membawa kegilaan dan batas antar angkatan bisa dilepaskan. Senior 2001 sampai 2005 bisa bertukar kegembiran di atas truk. Bernyanyi, saling cela, dan berteriak rasanya sering sekali dilakukan. Sepanjang perjalanan menuju malino, tidak ada kemurungan, semuanya semangat untuk berakhir pekan dan bersenang-senang di nurani 2006 ini.

0 Comments to Nurani 2006 : part 1-the beginning