Resolusi 2011, semangat beruang!

Hari ini sudah hari keempat di tahun 2011. Saya baru akan memetakan rencana-rencana apa saja yang telah saya lakukan, dan apa yang telah terjalani selama 2010. Sedikit terlambat memang, karena penghujung tahun kemarin merupakan saat-saat yang hectic. Stress melanda, ditambah tekanan dari sana sini.



Apa yang telah terjadi sepanjang 2010? Sepertinya banyak yah. Bisa jadi tahun lalu merupakan tahun yang penuh drama. Ada banyak peristiwa penting yang terjadi. Such as :

1. Kerja.
Gak nyangka sudah setahun terjalani dengan pekerjaan menjadi abdi Negara. Sebuah title yang terkadang menjadi beban tersendiri. Apakah memang benar jalan ini yang tepat? Apakah memang saya tidak menyia-nyiakan ribuan kesempatan yang tergelatak diluar sana? Beberapa kali pertanyaan ini berjibaku. Ketika saya sedang berada di low-limit point. Semuanya terlihat salah, semuanya terlihat membosankan. Belum lagi kebiasaan yang masih ingin main kesana-kemari. Masih ingin nongkrong disana-disini. Pelan-pelan semuanya berubah dan harus memilih skala prioritas.

Setidaknya saya bersyukur. Masih memiliki satu pekerjaan tetap. Memiliki tempat untuk beraktifitas. Ini yang sekarang menjadi pengingat bahwa semuanya harus berjalan seimbang. Bahwa sudah saatnya berhenti mengeluh.

2. Hati.

Sepertinya memang ini 2 hal terbesar yang terjadi. 2010 penuh dengan hal yang tak disangka. Selama ini saya hanya bisa memikirkan bagaimana rasanya terjebak dan merasakan cinta yang salah. Akhirnya saya mengalaminya sendiri. Beradu napas, mengolah janji, sampai pisah yang tak terhindarkan. Semuanya kembali kesadaran diri sendiri. Sampai kapan bermain api?

Sampai datang dia. Di penghujung Agustus semuanya menjadi lebih indah. Walaupun jarak Bandung-Makassar menjadi masalah, ternyata memang indah ketika ada seseorang yang menemani dalam keseharian. Entah hanya sekedar bertukar kabar, ataupun menertawakan hidup yang semakin menunjukkan kelucuannya. Tapi sekali lagi saya harus kehilangan dia. Ternyata egois masih mengambil peran besar dalam diri. Sekian tahun hidup menyendiri, membuat sulit untuk menerima kehadiran orang lain. Ini yang menjadi pelajaran, bahwa sekali lagi semuanya akan berpasangan. Semuanya akan mencari jalan hidupnya bersama, tidak perlu malu ataupun takut untuk membuka diri. Toh sendirian itu tidak pernah mengenakkan.

3. Keluarga
Kalau tidak ada drama yang terjadi dalam setahun, rasanya pasti aneh. Hal ini sepertinya sudah menjadi pola dan membuat pattern tertentu. Inilah salah satu tahun terbaik, dimana saya sekeluarga bisa menikmati banyak quality time bersama. Entah hanya sekedar makan malam bersama, jalan bersama, ataukah hanya sekedar menikmati seporsi terang bulan sambil menonton acara di televisi. Semuanya terasa lebih berbeda, karena rumah rasanya tidak pernah senyaman ini. Walaupun ada beberapa episode yang tidak mengenakkan, overall semuanya berjalan sempurna.

4. Teman
Semuanya berubah, semuanya mencari hidupnya masing-masing. Seperti itulah keadaan teman. Pelan-pelan menghilang dan akhirnya kesendirian tetap menjadi teman sejati. Tapi tahun ini menjadi salah satu tahun yang terhebat. Saya mengetahui dan beruntung dikelilingi sahabat-sahabat di Komunitas Blogger Makassar, AngingMammiri, teman-teman berkejahatan di kantor, dan banyak teman baru di komunitas twitter.

Overall, tahun 2010 salah satu tahun tersibuk yang pernah saya jalani. Hari berganti hari, mimpi demi mimpi perlahan dijalani. Semuanya memiliki memori masing-masing. Lantas apa yang menjadi resolusi untuk tahun ini?
1. Exercise!
Oke, sepertinya bobot tubuh saya menjadi bertambah, dan ini hanya berarti satu hal. Renang dan fitness menjadi jalan satu-satunya. Siapa yang mau mati muda?
2. Trip to Anywhere
Liburan ataupun jalan-jalan. Entah apa namanya. Yang pasti sudah ada beberapa destinasi yang menjadi tujuan. Gili trawangan atau Padang? Semuanya memiliki pesonanya masing-masing.
3. Kursus Bahasa Asing
Yang masih menjadi prioritas sih bahasa Inggris, untuk memperbaiki TOEFL ataupun IELTS. Persiapan untuk hunting beasiswa. Tapi sepertinya bahasa Prancis atau Jepang bisa juga.

Sebenarnya masih banyak to-do list yang ingin saya lakukan tahun ini. Yang paling penting sih sebenarnya fokus. Tidak grapa-grepe lagi dalam mengerjakan sesuatu. Semangat tuan beruang! Hari esok menantimu!

3 Comments to Resolusi 2011, semangat beruang!

This comment has been removed by the author.

sama kak..
saya juga mau kurus di tahun ini :D

hai kawan follofw balik yach