Lifehouse - Who We Are Album Review



Rasanya perjalanan panjang dari tahun 2005 ke tahun 2007 bukan waktu yang panjang bagi kelompok Lifehouse. Setelah merilis super mega ballad You and Me pada tahun 2005 untuk album Lifehouse, sekarang persiapkan telinga anda untuk dimanjakan oleh sound yang sangat menawan lewat track-track yang hadir lewat album mereka yang paling baru yaitu “Who We Are”. Dan mungkin inilah ekspektasi yang bias kita harapkan dari band yang sudah membius dengan tema romantic and spiritual love melalui 3 album sebelumnya, di album ini pun banyak sekali lagu cinta yang bertebaran, dengan berbagai macam gambaran, tergantung siapa yang mendengarkannya. Kalo kalian mendengarkannya hitam, berarti lagu itu hitam, tapi bisa jadi menjadi putih ketika orang lain mendengarkannya.
Dibuka dengan track ‘Disarray’, pyuh!!! Asli ni lagu, anjrit!!! Jason Wade sangat tahu bagaimana menyuarakan ambiguitas pribadi yang mungkin saja terjadi pada semua orang, dengan sedikit growl dari Jason, mengenai pencarian jiwa yang sedang dilakukan oleh semua orang, ugh!!!! Simak ini, “I’m struggling between the facts and fiction/I’m alone/But I’m alive”. Dengan beat yang up tempo sangat cocok membuka telinga kita. Sound yang ditawarkan soooo Lifehouse.
Track kedua, yang merupakan official first single mereka, sedikit memberikan twist yang sama. Melanjutkan beat yang up dari track sebelumnya. ‘First Time’ hadir dengan membawa anda kapada bayangan bagaimana rasanya ketika pertama kali bertemu dengan orang yang special. Another great love song! Dilanjutkan dengan ‘Whatever It Takes’, dijamin hanya perasaan cinta yang akan tertinggal di hati anda. Hey, bukankah cinta itu memang buta?
Dan dialbum ini salah satu bentuk kedewasaan dari kelompok Lifehouse sangat terlihat. Track 'The Joke’, diinspirasi dari dari cerita seorang anak yang kemudian merasa putus asa setelah mengalami pelecehan. Dengan model sudut pandang orang pertama, dia kemudian bercerita apa yang dirasakan anak itu sesaat sebelum kematiannya. “I found out how to/make Mama proud/Be real quiet, don’t talk too loud/I try, try to disappear”. Damn!!!
Begitu pula dengan track ‘Broken’. Yang merupakan klimaks dari album ini. “I’m falling apart, I’m barely breathing/With a broken heart that’s still beating/In the pain there is healing”. Track ini didekasikan Jason kepada temannya yang sedang menjalani transpalasi ginjal. Segala kesedihan dengan harapan, disalurkan bersama iringan ballad piano, dengan suara yang seakan menghela nafas, ikut merasakan Broken. Inilah track paling jago, dengan reff yang kemudian sing a long, menjadikannya track yang sempurna.
Tenang saja, kalau ingin mencari another broken heart anthem. Di album ‘Who We Are’, bisa juga ditemukan. Tapi jangan harap anda menemukannya dengan sound so mellow, yang berpikir inilah akhir dari segalanya. Justru melalui track Who We Are (ya! Sama dengan judul albumnya), nada rock yang lumayan ramai untuk kelompok Lifehouse plus raungan kemarahan dari Jason, mempresentasikan apa yang dia harapkan ketika sebuah hubungan telah berakhir, dan akhirnya menemukan apa yang dicarinya. Track ‘Bridges’ pun bercerita hal yang sama. Diiringi satu nada drum dan petikan gitar sebagai intro dan full band ketika bagian reff dinyanyikan, ugh!!! Another great lyrics, “You can say what you like pass the blame, I don’t mind/Because we both lit the match that burned the bridge”
Untuk album ini, Lifehouse juga merekam ulang track ‘Storm’, yang ditulis Jason Wade ketika berumur 16 tahun. Dan disaat Lifehouse masih bernama Bliss. Dengan dentingan piano lagi yang menyejukkan, yang bisa anda nikmati lewat track ‘Storm’ ini. “And I will walk on water/And you will catch me if I fall/And I will get lost into your eyes”
Overall, buat yang baru memperhatikan Lifehouse, rasanya anda akan terpuaskan dan segera menjadi salah satu orang yang menunggu Lifehouse di album-album berikutnya. Buat anda yang memang sudah teracuni melalui track-track Hanging By A Moment, Only One, Everything, You And Me. Anda akan bernapas lega. Jason Wade dan teman-temannya lulus. Dalam artian dalam album ini, sebuah proses terlihat. Proses pendewasaan yang penuh dengan lirik yang dalam. Cari album ini!!!!

utk Tracklist “Who we are” click…

1 "Disarray” Wade 3:45
2 "First Time” Cole, Wade 3:23
3 "Whatever It Takes” Cole, Wade 3:27
4 "Who We Are” Cole, Wade 3:27
5 "Broken” Wade 4:46
6 "The Joke” Cole, Wade, Woolstenhulme 3:56
7 "Easier To Be” Cole, Wade 3:31
8 "Make Me Over” Cole, Wade 3:57
9 "Mesmerized” Cole, Wade 3:13
10 "Bridges” Wade 4:02
11 "Learn You Inside Out” Wade 4:25
12 "Storm” Wade 4:25

Rating: 9/10

0 Comments to Lifehouse - Who We Are Album Review